Memilih Sekolah untuk Anak

,
Memilih sekolah untuk anak adalah hal yang cukup penting, hal ini berkaitan dengan masa depan anak. Saat ini terdapat banyak pilihan sekolah, seperti sekolah negeri, sekolah international, dan sekolah alam.
Menurut Dr. Arif Rahman seorang pakar dan praktisi pendidikan anak, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh orangtua ketika akan memasukkan anak ke sekolah. Hal-hal tersebut adalah: Spiritual, jasmani, emosional, intelektual, dan sosial. Pilihlah sekolah yang tertib, teratur dan bersih, karena lingkungan sekolah akan mempengaruhi konsentarsi anak ketika sedang belajar.
Orangtua juga perlu memperhatikan guru-guru dari sekolah tersebut, untuk TK sebaiknya guru disekolah tersebut telah mendapatkan pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Sedangkan untuk sekolah dasar atau SD sebaiknya guru disekolah tersebut sudah memiliki pendidikan minimal S1. Berikut ini ada beberapa tips memilih sekolah yang baik untuk anak:
  • Pilihlah sekolah yang memiliki output yang jelas. Ini bisa dilihat dari seberapa banyak lulusan sekolah tersebut yang berhasil masuk ke sekolah unggulan, karena semakin banyaknya lulusan yang bisa masuk sekolah unggulan berarti sekolah tersebut memiliki sistem pembelajaran yang bagus. 
  • Pilihlah sekolah yang memiliki kegiatan intra, ektra dan co-kurikuler yang seimbang. Hal ini dapat membuat anak seimbang antara kemampuan intelektual dan kemampuan sosial. 
  • Untuk TK sebaiknya memilih TK yang memiliki metode belajar sambil bermain, dibandingkan dengan program belajar yang klasik. 
  • Bagi orangtua yang akan memasukkan anak ke TK dan SD maka sebaiknya memilih sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah. Hal ini agar anak memiliki banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan bermain bersama orangtua. 
Selain memilih sekolah yang bagus untuk anak, pengawasan orangtua tetap merupakan hal yang penting. Artinya ada kerjasama yang baik antara guru dan orangtua, hal ini agar apa yang sudah diajarkan guru disekolah bisa dilanjutkan diajarkan dirumah. Sehingga anak dapat memiliki intelektual, emosional, spritual, jasmani dan sosial yang bagus.